[REVIEW BUKU] When Love is Not Enough - Ika Vihara by LIZANDIRA

    Anda gemar membaca novel romance yang amat menyentuh? Mari simak review dari saya tentang novel romance dari Ika Vihara!


Judul buku : When Love Is Not Enough

Penulis : Ika Vihara

Penerbit : Elex Media Komputindo

Genre : Romance

Terbit : 2017          

Tebal : 271 halaman

ISBN : 978-602-02-9768-2



Apakah kalian mempunyai sahabat yang berlawanan jenis? Apakah kalian pernah jatuh cinta kepada sahabat sendiri? Ya, novel ini menceritakan tentang itu semua. Dua orang yang sudah menjalin persahabatan sedari kecil, kini telah menjadi pasangan yang sangat lucu. Namun, semua tidak selalu berjalan dengan mulus. Ada banyak lika-liku yang dilalui Lily dan suaminya, Linus.

 

“Getting married is awesome, but being married is different.”

 

Itulah kutipan yang mewakili kisah seorang Lily. Kehangatan antara dua orang dapat berubah kapan saja. Saat itu, Linus belum mau memiliki seorang anak. Ada banyak pertimbangan yang membuatnya keberatan. Awalnya Lily mengerti, dia mencoba memahami maksud dari suaminya. Akan tetapi, menunggu suaminya selesai melanjutkan kuliah adalah waktu yang lumayan lama. Bukankah keinginan seorang wanita yang sudah menikah adalah memiliki seorang anak? Maka dari sinilah masalah terjadi.

Cara penulis membuat konflik antara dua orang tersebut terasa manis. Tentang Linus yang menyesali kesalahannya, dan tentang Lily yang membutuhkan pembuktian bahwa Linus benar-benar menyesal. Istilah tarik-ulur pun terjadi di dalamnya—walau tidak disengaja.

Hidup ini kadang tidak seperti yang kita harapkan dan kita rencanakan. Siapa yang bisa memastikan kalau kamu rajin belajar, maka kamu akan selalu dapat nilai bagus? Dalam hidup juga. Siapa yang bisa memastikan bahwa kita akan selalu bahagia? Suatu waktu akan ada yang membuat kita sedih dan kecewa. Siapa yang bisa memastikan bahwa kita tidak akan pernah patah hati? Papa merencanakan menikah dengan seorang gadis di Denmark, tapi tidak jadi karena dia memilih orang lain.

            Siapa yang bisa menjamin bahwa kita akan selalu bisa mengambil keputusan yang akurat? Papa pernah bangkrut karena ditipu orang. Kita selalu menginginkan hidup yang sempurna atau kebahagiaan abadi selamanya. Tapi melupakan sebuah kenyataan bahwa tidak ada yang sempurna dan tidak ada yang abadi.”—hlm 194-195

 

Merupakan kalimat cantik yang sangat memotivasi. Di sini posisinya Lily sedang takut-takutnya karena Linus mendapat musibah. Ya, Lily menyadari bahwa selama ini memang seharusnya mereka mencoba memperbaiki hubungan yang telah rusak selama setahun ke belakang. Selain itu, saya menyukai alur campuran yang dipakai penulis. Kadang masa di mana Lily dan Linus masih dekat-dekatnya. Lalu setelah itu disajikan kembali keadaan hubungan mereka yang sudah merenggang.

Di sini saya menyukai tokoh Linus. Saya tahu dia berbuat salah, bahkan kesalahan yang cukup besar. Namun, caranya memperjuangkan Lily kembali sangat membuat saya tersentuh.

 

If people don’t get a second chance, how will they prove that they learned their lesson?

 

Ini juga saya sukai. Setiap perpindahan bab, penulis memberikan kutipan indah sebagai judulnya. Dan juga, kali ini syukurnya saya tidak digantung ending lagi. Saya senang dengan akhir dari cerita Lily dan Linus. Banyak sentuhan halus yang menggelitik perasaan saya saat membaca cerita ini.

Untuk rekomendasi usia yang bisa membaca buku ini, sepertinya lebih cocok untuk ibu-ibu muda atau bapak-bapak yang baru saja memasuki dunia rumah tangga. Ya walaupun saya sendiri baru lulus sekolah, tetapi ini hanya sekadar perkiraan saja. Mungkin sekian untuk review kali ini. Terima kasih.


R A T E : 7,5 dari 10




Link gambar : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2FIka-Vihara-When-Love-is-Not-Enough-i.28911768.6334919669&psig=AOvVaw2bGArY72dcJn0qJV7EJfVR&ust=1595216404499000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCPC2kOro1uoCFQAAAAAdAAAAABAH

 

Comments

Popular posts from this blog

[REVIEW BUKU] Norwegian Wood - Haruki Murakami by Lizandira

[REVIEW BUKU] PULANG - Leila S. Chudori by Lizandira

[REVIEW BUKU] Aroma Karsa - Dee Lestari by Lizandira