[Review Buku] IKAN - IKAN MATI - ROY SAPUTRA by LIZANDIRA

 

Judul buku : Ikan - Ikan Mati

Penulis : Roy Saputra

Tahun terbit : Cetakan pertama 2017

Penerbit : Mediakita

Tebal buku : 315 halaman

ISBN : 978-979-794-543-5

 




Ikan-ikan mati merupakan novel tentang imajinasi penulis mengenai keadaan Indonesia pada puluhan tahun ke depan, dengan adanya teknologi bernama IKA. Pada awalnya saya sedikit bingung mengenai IKA, tetapi lama-lama saya semakin paham seperti apa cara kerjanya dan apa saja dampak dari teknologi tersebut. Dalam buku ini terdapat tiga tokoh penting, yaitu Gilang, Citra, dan Monita. Meskipun sebagian besar ceritanya tentang teknologi, di dalamnya tetap ada kisah cinta Gilang dari semasa SMA yang masih melekat hingga ia bekerja. Di sini saya sedikit sebal karena sebenarnya sangat sensitif dalam percintaan segitiga. Ya, benar, Gilang sempat mengalami dilema mengenai perasaannya sendiri.

 

“Why do we have to be the same?”—hlm 247.

 

Kutipan di atas sangat saya sukai. Untuk apa menjadi sama jika kita bisa berbeda? Tepat sasaran. Sesuai dengan isi ceritanya yang ketergantungan kepada teknologi IKA, sehingga semua fokus kepada diskon dan lama-lama terbiasa pada setiap keputusan diskon yang ada. Masyarakat menjadi lupa bagaimana caranya menentukan keputusan sendiri, karena semua sudah ditetapkan oleh IKA itu sendiri.

 

“Penasaran adalah kunci jatuh cinta. Yang membuat debar tak pernah padam seperti api diterjang sekam.”hlm 36.

 

Kutipan kedua yang saya sukai. Ini terjadi pada saat Gilang masih menyimpan cintanya kepada teman semasa SMA. Jika boleh jujur, sebenarnya saya cukup terkesan kepada tokoh Gilang. Karena mampu menyimpan perasaannya selama itu, dan bagi saya karakter Gilang yang kritis dan suka bertanya-tanya menjadi nilai plus dalam penyelesaian masalah pada cerita di buku ini. Apalagi ketika dia dipertemukan dengan Citra, perempuan yang punya pendirian kuat dan menganggap bahwa menjadi berbeda adalah hal yang indah dan mengagumkan.

 

R A T E : 8 dari 10

Comments

Popular posts from this blog

[REVIEW BUKU] Norwegian Wood - Haruki Murakami by Lizandira

[REVIEW BUKU] PULANG - Leila S. Chudori by Lizandira

[REVIEW BUKU] Aroma Karsa - Dee Lestari by Lizandira