5 Tempat Wisata Alam di Kalimantan Timur yang Menarik untuk Dikunjungi!

Sebagai penikmat keindahan alam, tempat-tempat ini harus Anda coba. Kalimantan juga punya keindahan, lho!

1. Pulau Sangalaki

Pulau yang terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini mempunyai pasir putih yang indah. Selain itu, jika Anda menyukai diving, ini tempat yang tepat. Kita akan disuguhi biota laut dan ikan Pari Manta yang memiliki tubuh lebar dan indah. Ikan ini akan mondar-mandir dengan liukan lucunya. Ditambah, jenisnya yang bervariasi akan semakin menambah kemurnian bawah laut yang menyegarkan mata. Pulau ini dikenal dengan pulau penyu. Setiap tahun totalnya bisa lebih dari 3.000. Dan di gelapnya malam, puluhan penyu akan keluar dan datang ke sini. Asyik, bukan? Wisatawan banyak menantikan penyu-penyu tersebut.




Oh iya, di sini juga menyediakan Resort Sangalaki Dive Lodge, tempat penginapan serta perlengkapan menyelam. Pulau ini akan sangat memikat pandangan, apalagi kalau senja telah tiba. Jangan diragukan lagi!


2. Goa Haji Mangu

Masih di Kabupaten yang sama, kejutan lain juga menanti wisatawan yang berdatangan. Tempat ini merupakan danau tersembunyi yang harus melewati sebuah goa terlebih dahulu. Suasana tegang, seram, dan gelap akan lekas dibayar dengan danau payau berwarna toska yang sangat menakjubkan—terasa seperti di dunia lain yang penuh kejutan.


Namun, untuk menuju ke sini kita butuh perjuangan lebih. Sebelum memasuki goa, kita akan menghadapi trekking ringan yang lumayan memakan energi. Tapi, bukankah itulah sensasinya? Perpaduan berbagai nuansa akan kita rasakan. Dari tanjakan jalan, sampai ke goa yang gelap, lalu usai dari itu semua pemandangan indah akan menyapa kita.



3. Ladang Budaya (Ladaya) Tenggarong

Tempat wisata ini baru saja dibuka pada Juni 2015. Dikelola oleh Yayasan Lanjong. Apabila Anda suka lapar saat berwisata, tenang saja. Di sini banyak pedagang yang berjualan. Baru memasuki Ladaya, kita sudah disambut oleh makanan dan minuman. Selain itu, hal lain yang banyak mencuri perhatian wisatawan adalah bentuk penginapannya yang terkesan unik. Pepohonan yang mengelilingi lokasi penginapan menambah kedamaian tempat tersebut. Penginapan ini dinamakan Odat Rehat (rumah kayu dengan atap menjuntai). Tak lupa, selain ada play ground, paint ball arena, di sini juga ada mini zoo. Hewan-hewan khas Kalimantan terkoleksi di kebun binatang ini. 


     


4. Wisata Alam Batu Dinding


             
Dinding ini seperti tembok China versi Kalimantan. Di sekitarnya banyak hutan rimbun yang hijau dan lebat. Saat menyusuri jalan, keindahan perkebunan jeruk sunkist akan Anda nikmati. Apalagi nuansa perbukitan yang membentang luas dengan kemegahannya. Hanya saja, catatan pentingnya, ingatlah selalu dengan keselamatan diri. Di sebelah kiri dan kanan terdapat jurang, itulah mengapa harus hati-hati. Namun, tenang. Ada kisaran 30 lebih guide lokal di sana. So, jangan takut, ya. Sekalian uji nyali gitu lho.






5. Jantur Mapan

            Sekarang kita memasuki wilayah air terjun alami yang menyejukan. Walaupun bunyi aliran airnya sangat keras, semua akan menjadi biasa saja saat kita menikmati pemandangan alamnya. Tebing batu dan pepohonan yang ada telah melengkapi tempat ini. Tak lupa, air terjun di sini amat jernih—terlihat padu dengan alaminya alam. Air terjun ini berasal dari anak sungai Mahakam. Keelokan air jatuhnya membuat penikmat alam menjadi kagum dan terbawa suasana.

Dalam perjalanan menuju tempat ini, Anda akan disuguhi ratusan anak tangga dari kayu ulin. Karena tempatnya sangat tepat untuk yang ingin relaksasi, maka waktu yang pas untuk ke sini adalah pagi atau sore hari.









Link gambar :



Comments

Popular posts from this blog

[REVIEW BUKU] Norwegian Wood - Haruki Murakami by Lizandira

[REVIEW BUKU] PULANG - Leila S. Chudori by Lizandira

[REVIEW BUKU] Aroma Karsa - Dee Lestari by Lizandira